Indonesia akan berpesta Daging Kerbau Asal India 100.000 TON




Pemerintah akan mengimpor lagi daging kerbau dari India tahun depan. Total daging kerbau yang diimpor sebanyak 100.000 ton.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan keputusan tersebut berkaitan dengan neraca perdagangan yang surplus tinggi dengan India.

"Yang sudah kita putuskan adalah impor daging kerbau saja. 100 ribu ton karena kita dengan India surplus perdagangannya gede," kata Darmin di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (19/12/2018).


Darmin menjelaskan izin impor tersebut sama angkanya dengan sebelumnya, cuma terealisasi 80 ribu ton daging kerbau.

"Sebenarnya tahun lalu dikasih 100 ribu ton tapi realisasi 80 ribu ton. Tahun ini mulai sampai 100 ribu ton kalau bisa. Karena itu kan murah kerbau itu. Ya apalagi mau Lebaran," kata Darmin.

Sebelumnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) surplus neraca perdagangan Indonesia dengan India tertinggi pada Januari-September 2018.

"Neraca dagang pada Januari-September 2018 surplus tertinggi untuk India dan Amerika Serikat (AS)," kata Deputi Statistik Distribusi dan Jasa Yunita Rusanti dalam jumpa pers di kantor pusat BPS, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2018).

Komentar