INDONESIA MAMPU BAYAR UTANG TAHUN INI , INI PENJELASANNYA



Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bicara mengenai pengelolaan utang dalam acara Kongres Muslimah Indonesia Ke-2. 

Sri Mulyani mengatakan, utang yang diambil pemerintah untuk belanja yang bersifat penting. Ia memastikan, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi RI saat ini, utang pemerintah tersebut masih sangat mungkin dibayar.

"Itu yang kita lakukan dan kalau ekonomi tumbuh dengan tinggi 5% sementara kita pinjamnya hanya 2% pasti kita bayar kembali," terangnya di Hotel Grand Cempaka Jakarta, Senin (17/12/2018).

Terkait pertambahan nilai utang pemerintah, Sri Mulyani meminta masyarakat tak perlu khawatir karena pemerintah bisa mengelola utang dengan baik dan akan menurun seiring mulai beroperasinya berbagai infrastruktur yang telah dibangun. 

Adapun, utang yang ditarik pemerintah, lanjut Sri Mulyani, bukan digunakan untuk kepentingan para pejabat melainkan untuk kemakmuran rakyat.

Utang itu digunakan agar pemerintah tetap bisa menjalankan pembangunan sembari membiayai program sosial seperti jaminan kesehatan hingga subsidi pendidikan.

"Inilah yang kita ikhtiarkan, supaya pemerintah menggunakan keuangan negara untuk menghadirkan negara bagi masyarakat, bagi perekonomian," tutupnya.

Komentar